Didatangi Perempuan Tuna Rungu, KPU Beri Informasi Pemilu

Bojonegoro, kab-bojonegoro.kpu.go.id. – Seorang perempuan tidak dikenal mendatangi kantor KPU Kabupaten Bojonegoro di Jalan KH. Moch Rosyid Pacul Bojonegoro, Rabu (15/11/2017). Perempuan tersebut ketika ditanya maksud dan tujuan kedatangannya ternyata tidak banyak pegawai dan staf KPU Kabupaten Bojonegoro memahami bahasanya.

Sekira pukul 08.00 WIB seorang perempuan datang ke kantor KPU Kabupaten Bojonegoro sambil menjinjing tas dan seperangkat map berisi surat-surat. Setelah diperiksa isi surat-surat yang dibawa, diketahui perempuan tersebut ternyata adalah seorang tuna rungu mengaku bernama Eko Retno wati (34), warga Desa/ Kecamatan Diwek Kabupaten Jombang.

“Ia berjalan kaki kemudian datang ke kantor dan menunjukkan surat-surat berisi pemberitahuan dari berbagai wilayah bahwa ia tengah melakukan perjalanan keliling Indonesia dalam rangka hari pahlawan 10 november,” ungkap Pinardi, Kasubag Hubmas dan Teknis KPU Kabupaten Bojonegoro, Rabu.

Akhirnya dengan sedikit kemampuan berbahasa isyarat dibantu dengan alat tulis seadanya, perempuan tersebut diajak berkomunikasi dan diberi informasi sekilas tentang pemilihan umum serta akan digelarnya pemilihan kepala daerah dan gubernur serentak pada 27 Juni 2018 mendatang.

“Kita beri informasi tentang pemilihan umum dan dia mengerti,” ujar Pinardi diikuti anggukan perempuan yang diketahui dari biodatanya adalah alumni SMLB Muhammadiyah Jombang.

Usai mendengarkan penjelasan petugas dan dibuatkan surat keterangan berkunjung di KPU Kabupaten Bojonegoro, perempuan tersebut dengan senyum sumringah berpamitan dan kembali melanjutkan perjalanannya ke arah selatan Bojonegoro. (lyn)

0 Comments

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Don't have account. Register

Lost Password

Register