Ini Syarat Menjadi Pemilih pada Pemilihan Bupati Tahun 2018

Bojonegoro, kab-bojonegoro.kpu.go.id  Apa saja syarat agar bisa menjadi pemilih pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bojonegoro Tahun 2018 ..?

Divisi Perencanaan dan Data KPU Kabupaten Bojonegoro A Khudlori menjelaskan, berdasarkan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 8 Tahun 2016 menyebutkan, pertama, genap berusia 17 tahun atau lebih pada hari pemungutan suara, atau berusia di bawah 17 tahun, namun sudah pernah menikah.

Kedua, tidak sedang hilang ingatannya atau gangguan jiwa. “Penduduk yang sedang terganggu jiwanya, harus dibuktikan dengan surat keterangan dokter,” jelasnya saat memberikan penjelasan kepada anak-anak yang magang di Kantor KPU Kabupaten Bojonegoro, Jumat 5/5/2017.

Ketiga, tidak sedang dicabut hak pilihnya berdasarkan putusan pengadilan yang telah memiliki kekuatan hukum tetap.

Syarat lainnya, kata dia, berdomisili di daerah pemilihan yang dibuktikan dengan KTP Elektronik. Jika belum memiliki KTP Elektronik, dapat menggunakan surat keterangan yang diterbitkan oleh dinas terkait.

Ditambahkan pula, untuk anggota TNI dan Polri dalam ketentuan tidak boleh menggunakan hak pilihnya, namun bagi keluarganya diperbolehkan. “Istri dan anaknya punya hak pilih, selama anak dan istrinya juga tidak anggota TNI Polri,” ujarnya. (arf)

0 Comments

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Don't have account. Register

Lost Password

Register