KPU Bojonegoro Siapkan Arsip Digital

img_4540

Bojonegoro. kpud-bojonegorokab.go.id. Mengingat arsip memiliki peran penting sebagai sumber informasi dan sumber dokumen, Sekretaris KPU Kabupaten Bojonegoro Moh Sapiq memimpin pegawai di lingkungan KPU setempat untuk kerja bhakti penataan arsip. KPU Bojonegoro membagi dalam dua kategori, arsip manual dan arsip digital.

Arsip digital sendiri merupakan dokumen yang berasal dari arsip manual, yang satu persatu diinput atau scan untuk dijadikan digital. Baik arsip hasil pemilu sejak tahun 2004 maupun kebijakan-kebijakan kelembagaan lainnya. Penataan arsip digital dilakukan tak lepas karena tuntutan era modern untuk memudahkan kerja dan pencarian arsip. “Untuk memudahkan akses data, arsip akan ditampilkan dalam website KPU Bojonegoro,” kata Moh Sapiq, Kamis, 22/9/16.

Selain itu, salah satu tujuan penataan arsip ini adalah untuk mengingatkan dan membantu pimpinan dalam membuat keputusan yang tepat dengan menggunakan refrensi arsip untuk bahan pembuktian. Semakin arsip tertata rapi, maka akan memudahkan semua pihak yang berkepentingan terhadap arsip itu sendiri. “Apabila tidak ada kegiatan penataan ini, maka arsip bukannya dapat melancarkan pekaerjaan, tetapi sebaliknya akan menghambat pekerjaan,” tambahnya. (dian/rin)

0 Comments

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Don't have account. Register

Lost Password

Register