Selamat Datang di Website KPU Bojonegoro   Click to listen highlighted text! Selamat Datang di Website KPU Bojonegoro

Gelar Upacara HUT RI ke-73, KPU Diharap Jaga Nasionalisme Hadapi Pemilu 2019

Bojonegoro, kab-bojonegoro.kpu.go.id. –  Hari ini, Jum’at (17/08/2018) pagi, seluruh bangsa Indonesia memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke-73 Tahun. Dalam hal ini, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bojonegoro juga melaksanakan upacara memperingati hari kemerdekaan tersebut.

Tepat pukul 07.30 WIB, dilaksanakan upacara kemerdekaan di kantor KPU Kabupaten Bojonegoro. Tampak jajaran Komisioner, Sekretaris, Staf dan Tenaga Magang berbaris mengikuti upacara tersebut dengan penuh rasa khidmat. Sebagai Instruktur Upacara Kemerdekaan tersebut adalah Ketua KPU Kabupaten Bojonegoro, M. Abdim Munib.

Acara dimulai dengan persiapan pasukan, pengibaran bendera pusaka, pembacaan UUD 1945 dan Pancasila. Kemudian sebagai instruktur, Ketua KPU Kabupaten menyampaikan Naskah Pidato dari Ketua KPU RI dalam Upacara Peringatan Hari Kemerdekaan RI ke-73.

“Hari ini tepat 17 Agustus 2018 kita merayakan HUT RI ke-73, usia yang belum terlalu tua untuk sebuah negara, akan tetapi bangsa kita telah melalui berbagai dinamika era kepemimpinan, perkembangan teknologi dan sosial budaya, serta ujian-ujian kedaulatan bangsa. Sejarah menceritakan bahwa kemerdekaan bangsa kita dirongrong oleh bangsa lain yang ingin menguasai tanah air Indonesia, namun dengan semangat nasionalisme berhasil mempertahankan kedaulatan,” ujar M. Abdim Munib, Ketua KPU Kabupaten Bojonegoro, Jum’at pagi.

Sebagaimana hebat perjuangan para pahlawan, lanjutnya, dalam peringatan hari kemerdekaan ini diharapkan dapat meningkatkan semangat patriotisme dan nasionalisme serta lebih cinta kepada tanah air Indonesia. Semangat nasionalisme sangat penting bagi kita, karena dapat membentuk kesadaran dan kesetiaan terhadap bangsa dan negara tanpa memandang suku, ras dan agama.

“Sebagai penyelenggara pemilu, kita (KPU, red) diharapkan untuk selalu menerapkan nilai-nilai nasionalisme dalam menjalankan tugas kita, menghadapi tugas berat dalam menyelenggarakan pemilu serentak presiden dan wakil presiden serta Pemilu Legislatif Tahun 2019 akan banyak sekali tantangan dan hambatan yang harus kita lalui bersama, begitupun tekanan dari berbagai pihak, semua itu akan mampu kita hadapi jika kita dapat bekerja secara profesional, berintegritas dan memiliki jiwa nasionalisme serta bekerja bersama penuh semangat,” ucapnya.

Acara diakhiri dengan mengheningkan cipta dan pembacaan doa berharap kemerdekaan dan kedaulatan bangsa Indonesia akan terus terjaga. (lyn/ rin)

 

KPU BOJONEGORO

Jl. K.H.R. Moch. Rosyid No. 93 Desa Pacul Kecamatan Bojonegoro

(0353) 891760

kpubojonegoro@gmail.com

Facebook KPU Bojonegoro

Kontak Kami

Click to listen highlighted text!