Selamat Datang di Website KPU Bojonegoro   Click to listen highlighted text! Selamat Datang di Website KPU Bojonegoro

Jamin Keaslian Dokumen Pemungutan dan Pengitungan Suara, KPU Beri Tanda Hologram

 

Bojonegoro, kab-bojonegoro.kpu.go.id. – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bojonegoro memberikan tanda hologram pada dokumen berita acara dan sertifikat pemungutan dan penghitungan suara, Rabu (06/06/2018).

Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Kabupaten Bojonegoro, Fatkhur Rohman menyampaikan bahwa penempelan hologram pada dokumen tersebut untuk menjamin keaslian hasil penghitungan suara. Penempelan diberikan pada dokumen formulir C-KWK dan lampiran C1-KWK.

“KPU RI memberi penandaan hologram pada formulir C-KWK dan C1-KWK atau sertifikat hasil penghitungan suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS). Hal ini untuk menjamin suara yang diberikan pemilih dan suara yang diperoleh setiap peserta Pemilu dan calon-calonnya terjaga dengan baik,” ungkap Fatkhur Rohman, Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Kabupaten Bojonegoro, Rabu (06/06/2018).

Menurut Rohman dengan memberi penempelan hologram pada formulir C-KWK dan C1-KWK tersebut, potensi kecurangan dalam penghitungan dan rekapitulasi suara secara berjenjang dapat di atasi. Jika terjadi sengketa hasil Pemilu dan para pihak mengklaim perolehan suara dengan membawa bukti formulir C1-KWK, maka keaslian formulir dari para pihak tersebut dapat dicek dengan mudah.

“Harapannya, jika ada gugatan, nantinya di dalam persidangan tidak ada lagi perdebatan mana formulir yang asli dan mana yang tidak. Karena setiap alat bukti berupa formulir C dan C1 yang di bawa para pihak dapat dicek keasliannya dengan tanda hologram,” tuturnya.

Penempelan hologram dilakukan di ruang tertutup dengan pengawasan langsung oleh Divisi Keuangan Umum dan Logistik, Supardi. (lyn/ rin)

 

KPU BOJONEGORO

Jl. K.H.R. Moch. Rosyid No. 93 Desa Pacul Kecamatan Bojonegoro

(0353) 891760

kpubojonegoro@gmail.com

Facebook KPU Bojonegoro

Kontak Kami

Click to listen highlighted text!