Usai Penetapan Partai Politik Peserta Pemilu 2019, KPU Bojonegoro Ikuti Rakor Inventarisir Persoalan

Bangkalan, kab-bojonegoro.kpu.go.id. –  Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bojonegoro mengikuti agenda rapat koordinasi (rakor) bersama dengan KPU Kabupaten/ Kota Jawa Timur, Selasa (20/02/2018).

Ketua KPU Kabupaten Bojonegoro, M. Abdim Munib mengikuti agenda rakor yang diselenggarakan KPU Jawa Timur. Ia mengatakan bahwa kegiatan rakor tersebut bertujuan untuk menginventarisir segala permasalahan terkait dengan penetapan partai politik peserta pemilu.

“Setelah menetapkan partai politik peserta pemilu 2019, KPU Provinsi Jawa Timur menggelar rapat koordinasi dengan KPU Kabupaten/Kota se-Jawa Timur,” ujar M. Abdim Munib di sela-sela mengikuti rakor.

Rapat tersebut dilaksanakan di kantor KPU Kabupaten Bangkalan yang baru saja diresmikan oleh KPU RI pada 10 Februari lalu. Rakor tersebut dengan peserta berasal dari Komisioner yang membidangi Divisi Hukum dan operator Sistem Informasi Partai Politik (SIPOL).

Ketua KPU Provinsi Jawa Timur, Eko Sasmito, usai membuka acara rakor menyampaikan bahwa dari rekapitulasi nasional hasil verifikasi partai politik peserta pemilu 2019 di Jakarta pada tanggal 17 Februari lalu, hanya 14 dari 16 partai politik yang berhasil memenuhi persyaratan lolos dan telah ditetapkan.

“Ketidaklolosan partai politik sebagai peserta pemilu lebih didominasi karena tidak memenuhi persyaratan keanggotaan partai politik. Oleh karenanya, untuk menghadapi gugatan partai politik,  KPU Kabupaten/Kota untuk mempersiapkan dokumen dan kronologis pelaksanaan verifikasi. Agar apabila terjadi sengketa, kita sudah mempersiapkan diri dengan baik,” tutur Ekos Sasmito, Ketua KPU Provinsi Jawa Timur.

Eko menjelaskan , keempat belas partai yang lolos yaitu Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Golongan Karya (Golkar), Partai Nasional Demokrat (Nasdem), Partai Gerakan Perubahan Indonesia (Garuda), Partai Berkarya (Berkarya), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Persatuan Indonesia Raya (Perindo), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), dan Partai Demokrat (Demokrat).

Sementara 2 (dua) partai politik lainnya, lanjut Eko, Partai Bulan Bintang (PBB) dan Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) dinyatakan tidak memenuhi syarat sebagai partai politik peserta pemilu 2019.

“PBB dinyatakan tidak memenuhi syarat di Provinsi Papua Barat, tepatnya di Kabupaten Manokwari Selatan. Sedangkan PKPI dinyatakan tidak memenuhi syarat di beberapa provinsi, yaitu Provinsi Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur,” terangnya. (lyn)

KPU BOJONEGORO

Jl. K.H.R. Moch. Rosyid No. 93 Desa Pacul Kecamatan Bojonegoro

(0353) 891760

kpubojonegoro@gmail.com

Facebook KPU Bojonegoro

Kontak Kami


Fatal error: Uncaught ArgumentCountError: Too few arguments to function wpgs_strip_htm(), 1 passed and exactly 2 expected in /var/www/html/kab-bojonegoro.kpu.go.id/wp-content/plugins/gspeech/includes/display-functions.php:215 Stack trace: #0 [internal function]: wpgs_strip_htm(Array) #1 /var/www/html/kab-bojonegoro.kpu.go.id/wp-content/plugins/gspeech/includes/display-functions.php(271): preg_replace_callback('/{gspeech( styl...', 'wpgs_strip_htm', '{gspeech style=...', 2) #2 [internal function]: wpgs_prepare_html('<!--WPFC_PAGE_T...', 9) #3 /var/www/html/kab-bojonegoro.kpu.go.id/wp-includes/functions.php(3786): ob_end_flush() #4 /var/www/html/kab-bojonegoro.kpu.go.id/wp-includes/class-wp-hook.php(286): wp_ob_end_flush_all('') #5 /var/www/html/kab-bojonegoro.kpu.go.id/wp-includes/class-wp-hook.php(310): WP_Hook->apply_filters('', Array) #6 /var/www/html/kab-bojonegoro.kpu.go.id/wp-includes/plugin.php(453): WP_Hook->do_action(Array) #7 /var/www/html/kab-bojonegoro.kpu.go.id/wp-includes/load.php(684): do_action('shutdown') in /var/www/html/kab-bojonegoro.kpu.go.id/wp-content/plugins/gspeech/includes/display-functions.php on line 215