Selamat Datang di Website KPU Bojonegoro   Click to listen highlighted text! Selamat Datang di Website KPU Bojonegoro

Verifikasi Partai Politik 2019, KPU Bojonegoro Libatkan Disdukcapil

 

Bojonegoro, kab-bojonegoro.kpu.go.id. –  Dalam rangka penelitian administrasi data keanggotaan partai politik peserta Pemilu 2019, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bojonegoro memilih untuk berkoordinasi dan berkonsultasi dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bojonegoro. Demikian disampaikan oleh Moh. Sapiq, Sekretaris KPU Kabupaten Bojonegoro.

“Dalam masa perbaikan partai politik ini, untuk menentukan MS (Memenuhi Syarat, red) atau TMS (Tidak Memenuhi Syarat, red), KPU akan berkoordinasi dan konsultasi dengan disdukcapil,” ungkap Moh. Sapiq, Sekretaris KPU Kabupaten Bojonegoro, Rabu (06/12/2017).

Koordinasi dan konsultasi ini, jelas Sapiq, sudah menjadi keputusan bersama pimpinan dan sekretariat KPU. Dimana untuk menghindari kesalahan dan keraguan dalam pemutusan status memenuhi atau tidak memenuhi bagi partai politik, KPU akan mencocokkan data KTP keanggotaan partai dengan data dari Disdukcapil.

“Beberapa temuan data KTP (Kartu Tanda Penduduk, red) yang telah diteliti dan dinilai meragukan akan dicocokkan dengan data disdukcapil,” ujarnya.

Sementara itu, data dari Kasubag Hukum KPU Kabupaten Bojonegoro menunjukkan, meski telah habis masa perbaikan partai politik, masih ada satu partai politik calon peserta Pemilu yang hingga kini belum bisa diputuskan statusnya.

“Habisnya masa perbaikan dan mendesaknya waktu ini kemudian membuat KPU memutuskan untuk berkonsultasi dengan dinas terkait,” tutur Patrum, Kasubag Hukum di sela-sela melakukan penelitian administrasi ulang, Rabu (06/12/2017).

Ia menuturkan bahwa hari ini pihaknya telah menyiapkan bahan-bahan untuk dibawa ke Disdukcapil. Berkas-berkas keanggotaan yang masih terdapat keraguan akan dikonsultasikan supaya menjadi jelas dan dapat diketahui statusnya memenuhi atau tidak memenuhi.

“Kapan waktunya, ini kita masih menunggu petunjuk dari Ketua,” pungkasnya. (lyn)

 

KPU BOJONEGORO

Jl. K.H.R. Moch. Rosyid No. 93 Desa Pacul Kecamatan Bojonegoro

(0353) 891760

kpubojonegoro@gmail.com

Facebook KPU Bojonegoro

Kontak Kami

Click to listen highlighted text!