Selamat Datang di Website KPU Bojonegoro   Click to listen highlighted text! Selamat Datang di Website KPU Bojonegoro

Ketua KPU Jatim : Tidak Hanya Prosedural, Pemilihan Ini Harus Dimaknai Secara Substansial

Bojonegoro, kab-bojonegoro.kpu.go.id. –  Pemilihan Umum (Pemilu) dalam rangkaian Pilkada Serentak 2018 dan Pemilu 2019 ini selayaknya tidak hanya dimaknai secara prosedural., namun harus juga dimaknai secara substansial. Demikian disampaikan Ketua KPU Provinsi Jawa Timur, Eko Sasmito dalam momen launching tahapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bojonegoro 2018, Jum’at (01/12/2017) malam.

“Mari masyarakat mendoakan KPU Kabupaten Bojonegoro agar selalu sehat, karena Bojonegoro akan melaksanakn tiga jenis pemilu. Adalah Pilbup dan Pigub 2018 serta akan disusul pelaksanaan pemilu legislatif dan presiden 2019,” ujar Ketua KPU Provinsi Jawa Timur, Eko Sasmito mengawali.

Ia menuturkan bahwa Pemilihan Umum (Pemilu) dalam rangkaian Pilkada Serentak 2018 dan Pemilu 2019 ini selayaknya tidak hanya dimaknai secara prosedural., namun harus juga dimaknai secara substansial.

“Pemilihan seringkali dimaknai sebagai hal yang prosedural, oleh karenanya, hari ini saya berpesan agar pemilihan ini tidak lagi hanya dimaknai sebagai hal prosedural, tetapi juga dimaknai secara substansial,” tuturnya.

Ia menjelaskan, bahwa memaknai secara substansial yang dimaksud adalah, bagaimana kita memaknai pemilihan ini sebagai wujud partisipasi, diartikan dalam berntuk keterlibatan masyarakat dalam pemilihan.

“Baik keterlibatan sebagai peserta, penyelenggara, maupun pengawas, semuanya harus menjadi bagian terpenting dalam proses pemilihan,” jelasnya.

Ia menandaskan bahwa pemilihan sebagai proses untuk memilih pemimpin, proses pergantian pemimpin secara prosedural yang diatur dalam undang-undang. Sehingga apabila terdapat kekeliruan atau ketidaksesuaian dalam penyelenggaraan maka hal tersebut tentu dapat dilaporkan.

“Sehingga peran Panwas juga harus maksimal dalam melakukan pengawasan. Jangan segan-segan melaporkan apabila terjadi pelanggaran,” pungkasnya mengakhiri arahan dalam momen launching tahapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bojonegoro 2018. (lyn)

KPU BOJONEGORO

Jl. K.H.R. Moch. Rosyid No. 93 Desa Pacul Kecamatan Bojonegoro

(0353) 891760

kpubojonegoro@gmail.com

Facebook KPU Bojonegoro

Kontak Kami

Click to listen highlighted text!