Selamat Datang di Website KPU Bojonegoro   Click to listen highlighted text! Selamat Datang di Website KPU Bojonegoro

7 Prinsip Ini Harus Diperhatikan Dalam Penataan Dapil dan Alokasi Kursi Pemilu

Bojonegoro, kab-bojonegoro.kpu.go.id. –  Dalam penataan daerah pemilihan (Dapil) dan alokasi kursi Pemilu 2019, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Provinsi, Kabupaten/ Kota harus memperhatikan tujuh prinsip dasar yang harus dipenuhi. Demikian disampaikan Ilham Saputra, Komisioner KPU RI dalam Bimtek Penataan Daerah Pemilihan (Dapil) dan Alokasi Kursi Pemilu 2019.

“ada tujuh prinsip yang harus diperhatikan KPU dala penataan daerah pemilihan (Dapil) dan alokasi kursi Pemilu 2019,” ungkap Ilham Saputra, Komisioner KPU RI, Minggu (19/11/2017) malam.

Ilham menjelaskan, bahwa tujuh prinsip yang harus diperhatikan tersebut adalah, Kesetaraan nilai suara, Ketaatan pada sistem pemilu yang proporsional, Proporsionalitas, Integralitas wilayah, Berada pada cakupan eilayah yang sama,  Kohesivitas dan Kesinambungan.

“Dalam proses penataan dapil di KPU Kabupaten/Kota, publik dilibatkan secara langsung melalui mekanisme uji publik terhadap draft usulan daerah pemilihan yang disusun oleh KPU Kabupaten/Kota,” terangnya.

Secara gamblang ia menyampaikan bahwa unsur yang diundang dalam mekanisme pelaksanaan uji publik antara lain Pemerintah Daerah, Partai Politik di tingkat Kabupaten/ Kota, Bawaslu, dan Pemangku kepentingan lainnya.

“Dalam prosesnya KPU Kabupaten/Kota nanti akan melakukan uji publik dengan mengundang stake holder setelah melakukan penataan dapil dan alokasi kursi berdasarkan Peraturan KPU yang dalam waktu dekat akan disahkan,” pungkasnya. (lyn)

KPU BOJONEGORO

Jl. K.H.R. Moch. Rosyid No. 93 Desa Pacul Kecamatan Bojonegoro

(0353) 891760

kpubojonegoro@gmail.com

Facebook KPU Bojonegoro

Kontak Kami

Click to listen highlighted text!