Selamat Datang di Website KPU Bojonegoro   Click to listen highlighted text! Selamat Datang di Website KPU Bojonegoro

KPU RI Selenggarakan Bimtek Penataan Dapil dan Alokasi Kursi Pemilu

Bojonegoro, kab-bojonegoro.kpu.go.id. – Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Penataan Daerah Pemilihan (Dapil) dan Alokasi Kursi Pemilu 2019 di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, Minggu (19/11/2017).

Bertempat di Hotel Novotel Kota Balikpapan, bimtek diikuti oleh 558 peserta dari Provinsi dan Kabupaten/ Kota di 12 provinsi seluruh Indonesia. Tanpa terkecuali KPU Kabupaten Bojonegoro yang mendelgasikan Komisioner Fatkhur Rohman selaku Divisi Teknis dan penyelenggara didampingi oleh Kasubag Teknis dan Hupmas Pinardi.

“Bimtek ini untuk penataan daerah pemilihan dan alokasi kursi oleh KPU RI Dapil tingkat Kabupaten/Kota. Sedangkan untuk DPR RI dan Provinsi sudah ditetapkan dalam Undang-Undang (UU) Nomor 7 Tahun 2017,” ujar Fatkhur Rohman, Komisioner KPU Kabupaten Bojonegoro, Minggu (19/11/2017).

Rohman menjelaskan, bahwa untuk susunan dapil DPR RI dan DPRD Provinsi sudah ditetapkan dalam UU Nomor 7 Tahun 2017. Sementara untuk tingkat Kabupaten/Kota akan ditetapkan oleh KPU RI melalui usulan KPU Kabupaten/Kota dengan supervisi KPU Provinsi.

Acara dibuka sekira pukul 16.00 WITA oleh Ketua KPU RI Arief Budiman. Dalam sambutannya ia menyampaikan bahwa penataan dapil dalam penyelenggaraan pemilu bukanlah hal yang baru bagi KPU. Apabila ditimbang, pada penyelenggaraan pemilu sebelumnya pekerjaan KPU justru lebih berat.

“Kalau yang sekarang pekerjaan kita lebih mudah, karena dapil dan alokasi kursi di DPR RI dan DPRD Provinsi sudah ditetapkan menjadi lampiran Undang-Undang nomor 7 tahun 2017, nanti tentang penyusunan dapil akan dijelaskan Kasubdit Pengolahan Data Dirjen Dukcapil Kemendagri,” tutur Arief Budiman, Ketua KPU RI.

Arief menegaskan bahwa yang paling penting diperhatikan dalam penyusunan dapil, seluruh KPU harus pahami regulasi, kemudian melaksanakan tahapan sesuai dengan PKPU.

“Yang terpenting, KPU memahami regulasi umum yang digunakan dalam penataan dapil serta penghitungan alokasi kursi, termasuk dengan 7 prinsip yang harus dipenuhi dalam prosesnya,” pungkasnya.

Acara dilanjutkan dengan paparan materi dari Ketua Komisi II DPR RI, Zainudin Kamali, Komisioner KPU RI Ilham saputra dan Kasubdit Pengolahan Data Dirjen Dukcapil Kemendagri dan dimantapkan dengan simulasi penataan dapil. (lyn)

KPU BOJONEGORO

Jl. K.H.R. Moch. Rosyid No. 93 Desa Pacul Kecamatan Bojonegoro

(0353) 891760

kpubojonegoro@gmail.com

Facebook KPU Bojonegoro

Kontak Kami

Click to listen highlighted text!