Selamat Datang di Website KPU Bojonegoro   Click to listen highlighted text! Selamat Datang di Website KPU Bojonegoro
Keputusan KPU Kabupaten Bojonegoro Nomor 1 Tahun 2017 tentang Tahapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bojonegoro Tahun 2018

Kemendagri Gelar Rakornas Jelang Pilkada Serentak 2018


Bojonegoro, kab-bojonegoro.kpu.go.id. – Menjelang tibanya perayaan pesta demokrasi, Pilkada serentak 2018, Kementerian Dalam Negeri mengundang seluruh elemen yang terlibat Pilkada dalam acara rapat koordinasi nasional (rakornas) di Jakarta, Senin, (23/10/2017).

Acara rakornas dihadiri Menteri Dalam Negeri Tjahyo Kumolo, Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan Wiranto, Ketua KPU RI Arief Budiman, Ketua Bawaslu RI Abhan, Direktur Jenderal Otonom Daerah Kementerian Dalam Negeri Sumarsono, jajaran Dirjen Bina Keuangan Daerah, Gubernur, Bupati, Walikota, Ketua KPU Provinsi hingga Ketua KPU kabupaten/ kota yang hendak mengikuti Pilkada serentak 2018.

Dalam momen rakornas tersebut, Ketua Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) Harjono, menyampaikan bahwa pelaksanaan pemilu harus taat asas. Kalau tidak taat asas, maka yang terjadi adalah manipulasi, bukan manifestasi kehendak rakyat.

“Godaan terbesar penyelenggara adalah keberpihakan. Dengan kata lain, menjadi penyelenggara yang benar-benar mandiri dan tidak berpihak sering kali dijumpai sebagai tantangan terberat, itulah etika penyelenggara pemilu yang harus dijaga,” ujar Harjono, Senin (23/10/2017)

Sementara itu, Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan Wiranto menyampaikan bahwa koordinasi antarberbagai stakeholder harus selalu ditingkatkan untuk menghindari berbagai persoalan yang dimungkinkan terjadi saat pilkada.

“Berbagai persoalan yang terjadi selama pelaksanaan pilkada selalu berulang, seperti black campaign, money politics, kecurangan paslon dan penyelenggara serta ketidaknetralan aparat dan birokrasi. Oleh karenanya koordinasi ini penting,” tutur Wiranto, Senin (23/10/2017).

KPU BOJONEGORO

Jl. K.H.R. Moch. Rosyid No. 93 Desa Pacul Kecamatan Bojonegoro

(0353) 891760

kpubojonegoro@gmail.com

Facebook KPU Bojonegoro

Kontak Kami

Click to listen highlighted text!