Selamat Datang di Website KPU Bojonegoro   Click to listen highlighted text! Selamat Datang di Website KPU Bojonegoro

Satukan Paham, KPU RI Adakan Bimtek Standarisasi Surat Suara

Bojonegoro, kab-bojonegoro.kpu.go.id. – Dalam rangka membuat standarisasi desain surat suara pemilihan umum, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI mengadakan bimbingan teknis (bimtek) bagi KPU Provinsi dan Kabupaten/Kota di Banten, Selasa (11/10/2017).

Acara bimtek di buka tepat pukul 20.00 WIB, Selasa malam oleh Komisioner KPU RI Wahyu Setiawan. Diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan pagelaran Seni Debus Banten di bawah Asuhan Abah Encing Gondrong, acara berjalan gayeng.

Ketua Pelaksana Bimtek, Sumaryo Handono yang juga Kabiro Perencanaan Dan Data KPU RI menyampaikan bahwa dasar pelaksanaan Bimtek adalah UU nomor 10 Tahun 2016, PKPU nomor 9 tahun 2016 tentang Norma dan Standar Pengadaan Barang dan Jasa.

“Ini juga mengacu pada Keputusan KPU RI nomor 144 dan 145 yang memuat tentang desain surat suara. Tujuannya agar ada standarisasi dalam desain dan pengadaan surat suara, baik warna, ukuran, bahan serta manajemen pengadaan dan distribusi,” terang Sumaryo.

Sementara itu, Komisioner Wahyu Setiawan mewakili Ketua KPU RI menjelaskan bahwa surat suara memegang peranan yang sangat penting dalam Pemilihan Umum (Pemilu) dan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada).

“Surat suara harus mudah dipahami oleh pemilih dan aman dari pemalsuan. kesalahan yang bersifat teknis sekecil apapun akan berdampak fatal dalam proses pemilihan, untuk itu harus ada standarisasi dan pemahaman yang sama,” tuturnya Selasa malam.

Acara tersebut selain dihadiri oleh Komisioner KPU RI Wahyu Setiawan, juga dihadiri oleh anggota KPU RI Evi Novida Ginting Manik, Ketua KPU Provinsi Banten Agus Supriyatna, dan Gubernur Banten Wahidin Halim. (lyn)

Tinggalkan Balasan

KPU BOJONEGORO

Jl. K.H.R. Moch. Rosyid No. 93 Desa Pacul Kecamatan Bojonegoro

(0353) 891760

kpubojonegoro@gmail.com

Facebook KPU Bojonegoro

Kontak Kami

Click to listen highlighted text!