Selamat Datang di Website KPU Bojonegoro   Click to listen highlighted text! Selamat Datang di Website KPU Bojonegoro
Keputusan KPU Kabupaten Bojonegoro Nomor 1 Tahun 2017 tentang Tahapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bojonegoro Tahun 2018

Hasil Konsultasi Ke KPU Jatim Syarat Dukungan Perseorangan 67.700

Surabaya, kab-bojonegoro.kpu.go.id. – Untuk mempersiapkan tahapan pencalonan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bojonegoro Tahun 2018 terutama dari jalur perseorangan, KPU Kabupaten Bojonegoro yang diwakili Divisi Teknis Penyelenggaraan Fatkhur Rahman berkonsultasi kepada KPU Provinsi Jawa Timur mengenai syarat dukungan calon perseorangan Selasa, 29/08/2017.

Anggota KPU Provinsi Jawa Timur Choirul Anam yang menemui konsultasi tersebut  menjelaskan, dalam Peraturan KPU Nomor 3 Tahun 2017 tentang Pencalonan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Walikota dan Wakil Walikota mengamanatkan bakal calon yang akan maju dari jalur perseorangan untuk Kabupaten/Kota jumlah penduduk termuat dalam daftar pemilih tetap (DPT) pada pemilu atau pemilihan terakhir lebih dari 1.000.000 juta jiwa. “Syarat memiliki dukungan sebanyak 6,5 persen pada DPT pemilu atau pemilihan terakhir,” jelasnya.

Divisi Perencanaan dan Data KPU Jatim ini menambahkan bahwa apabila dalam hasil penghitungan prosentase jumlah DPT di atas menghasilkan angka pecahan, maka dilakukan pembulatan ke atas. “Pembulatan hasil penghitungan jumlah DPT dibagi 6,5 persen jika menghasilkan angka pecahan dilakukan ke atas” tambahnya.

Selain ketentuan mengenai jumlah minimal dukungan, peraturan KPU juga mengatur jumlah sebaran dari dukungan tersebut yaitu harus tersebar di lebih dari 50 persen jumlah kecamatan di kabupaten/kota. “PKPU Nomor 3 Tahun 2017 juga mengatur sebaran dukungan yaitu lebih dari 50 persen kecamatan untuk kabupaten/kota” imbuhnya.

Diketahui bahwa jumlah DPT Pemilu Presiden dan Wakil Presiden Tahun 2014 di Kabupaten Bojonegoro sebanyak 1.041.529 pemilih, sehingga 6,5 persennya dari jumlah DPT tersebut sebanyak 67.699,385. Jika dilakukan pembulatan ke atas, maka jumlah minimum dukungan calon Bupati dan Wakil Bupati Bojonegoro yang akan maju dari jalur perseorangan sebanyak 67.700 jiwa.

Sementara itu Fatkhur Rohman mengatakan pihaknya akan segera menindaklanjuti arahan dari KPU Jatim tersebut dan segera menyiapkan rancangan keputusan KPU Kabupaten Bojonegoro tentang jumlah minimum dukungan bagi calon Bupati dan Wakil Bupati yang akan maju dari perseorangan. “Kami akan laksanakan ketentuan dan arahan KPU Jatim dan segera menyiapkan rancangan keputusannnya” katanya.

Berbeda diberitakan sebelumnya syarat minimal 67.699 dukungan. Perubahan ini terkait adanya pembulatan ke atas hasil penghitungan syarat dukungan perseorangan 6,5 persen dari DPT Pemilu 2014. (br)

Tinggalkan Balasan

KPU BOJONEGORO

Jl. K.H.R. Moch. Rosyid No. 93 Desa Pacul Kecamatan Bojonegoro

(0353) 891760

kpubojonegoro@gmail.com

Facebook KPU Bojonegoro

Kontak Kami

Click to listen highlighted text!