Selamat Datang di Website KPU Bojonegoro   Click to listen highlighted text! Selamat Datang di Website KPU Bojonegoro
Keputusan KPU Kabupaten Bojonegoro Nomor 1 Tahun 2017 tentang Tahapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bojonegoro Tahun 2018

Calon Perseorangan Minimal Didukung 67.699 KTP Elektronik

Bojonegoro, kab-bojonegoro.kpu.go.id. Calon perseorangan atau sebelumnya sering disebut calon independen jika daftar pada pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bojonegoro 2018 minimal harus memiliki dukungan 67.699 pemilih dengan dibuktikan dengan fotocopy kartu tanda penduduk (KTP) elektronik.

Sebagaimana tertuang dalam Undang-Undang Nomor 10 tahun 2016 tentang Pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Pasal 46 menyebutkan, berkas dukungan dalam bentuk peryataan dukungan yang dilampiri dengan identitas diri berupa fotokopi KTP elektronik atau surat keterangan tanda penduduk”.

Divisi Teknis KPU Kabupaten Bojonegoro Fatkhur Rohman mengatakan, pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati harus mengumpulkan dukungan minimal 6,5 persen dari jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) dalam Presiden dan Wakil Presiden tahun 2014.

Perlu diketahui, DPT Presiden dan Wakil Presiden tahun 2014 untuk Kabupaten Bojonegoro mencapai 1.041.529 pemilih.

Persebaran dukungan calon perseorangan lebih dari 50 persen jumlah kecamatan, atau paling sedikit di 15 kecamatan di Bojonegoro. Dukungan harus lampiri fotokopi KTP elektronik, terangnya, Rabu 16/8/2017.

Dukungan yang disampaikan calon perseorangan ke KPU Kabupaten Bojonegoro kemudian dilakukan verifikasi jumlah minimal dukungan, administrasi dan faktual. Mulai dari jumlah dukungan KTP elektronik, nama dukungan dengan di KTP elektronik apa sama, faktual apa benar-benar mendukung. Satu-persatu akan kami cek, tambahnya.

Ketentuan mengenai verifikasi dan rekapitulasi dukungan Calon Perseorangan ini tertuang dalam Pasal 48 Undang-Undang nomor 10 tahun 2016. Dukungan yang telah dilampiri fotokopi KTP elektronik akan diverifikasi administrasi oleh KPU kabupaten dengan dibantu Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS).

Kemudian PPS melalui metode sensus menemui langsung setiap pendukung untuk dilakukan verfikasi faktual. Informasi tentang Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Bojonegoro bisa langsung datang ke kantor KPU Bojonegoro atau dapat diakses website: www.kpu-bojonegoro.go.id., terangnya. (br)

Tinggalkan Balasan

KPU BOJONEGORO

Jl. K.H.R. Moch. Rosyid No. 93 Desa Pacul Kecamatan Bojonegoro

(0353) 891760

kpubojonegoro@gmail.com

Facebook KPU Bojonegoro

Kontak Kami

Click to listen highlighted text!