Selamat Datang di Website KPU Bojonegoro   Click to listen highlighted text! Selamat Datang di Website KPU Bojonegoro
Keputusan KPU Kabupaten Bojonegoro Nomor 1 Tahun 2017 tentang Tahapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bojonegoro Tahun 2018

Sosialisasi Pentingnya KTP Elektornik Dalam Pemilu

Bojonegoro, kab-bojonegoro.kpu.go.id. – Keberadaan KTP-elektornik sangat penting dalam menentukan sesorang itu masuk dalam daftar pemilih atau tidak. Mengingat untuk bisa dicatat menjadi pemilih maka seseorang harus memiliki KTP elektronik.

Salah satu syarat menjadi Pemilih adalah berdomisili di daerah Pemilihan yang dibuktikan dengan KTP elektronik. Hal itu sebagaimana disebutkan dalam Peraturan KPU Nomor 2 Tahun 2017 tentang pemutakhiran data dan penyusunan daftar pemilih dalam pemilihan guburnur dan wakil gubernur, bupati dan wakil bupati, dan/atau walikota dan wakil walikota.

Syarat lain yang harus dipenuhi untuk menjadi Pemilih meliputi, minimal usia 17 atau sudah/pernah kawin saat pemungutan suara, tidak sedang terganggu ingatannya, tidak sedang dicabut hak pilihnya oleh pengadilan, dan tidak sedang menjadi anggota TNI/Polri.

“Dulu orang masuk tercatat sebagai Pemilih lebih mudah, cukup dibuktikan dengan Kartu Keluarga, SIM, atau identitas lain. Namun kali ini harus dibuktikan dengan KTP elektronik atau surat keterangan kependudukan dari dinas terkait” kata Mustofirin Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat KPU Kabupaten Bojonegoro saat melakukan sosialisasi di Desa Kemamang Kecamatan Balen, Kamis 27/7/2017.

Firin, panggilan akrabnya dihadapan Aparat Pemerintahan Kecamatan Balen, Perangkat Desa Kemamang, Mahasiswa Universitas Muhamadiyah Malang (UMM), serta masyarakat umum lain juga menjelaskan rangkaian Tahapan Pemilihan tahun 2018.

Salah satu titik tekan Tahapan yang disampaikan adalah proses pemutakhiran data pemilih yang dimulai tanggal 19 Desember 2017 dengan dimulai pembentukan Petugas Pemutahiran Data Pemilih (PPDP) dan pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara pada 27 Juni 2018.

Sedangkan keberadaan Mahasiswa UMM dalam kegiatan tersebut adalah dalam rangka kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN), dan salah satu konsentrasinya untuk menyajikan data kependudukan desa setempat sekaligus membantu KPU Bojonegoro dalam mensukseskan pemutakhiran data pemilih berkelanjutan. (rin)

Tinggalkan Balasan

KPU BOJONEGORO

Jl. K.H.R. Moch. Rosyid No. 93 Desa Pacul Kecamatan Bojonegoro

(0353) 891760

kpubojonegoro@gmail.com

Facebook KPU Bojonegoro

Kontak Kami

Click to listen highlighted text!