Selamat Datang di Website KPU Bojonegoro   Click to listen highlighted text! Selamat Datang di Website KPU Bojonegoro
Keputusan KPU Kabupaten Bojonegoro Nomor 1 Tahun 2017 tentang Tahapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bojonegoro Tahun 2018

Stikes Muhamadiyah Kritisi Money Politic Dalam Pemilu

Bojonegoro, kab-bojonegoro.kpu.go.id – Sekitar 50 mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) Muhamadiyah Bojonegoro Selasa, 30/5/2017 mengunjungi Rumah Pintar Pemilu (RPP) Kayangan Api KPU Kabupaten Bojonegoro.

Kedatangan mereka terbagi menjadi dua gelombang. Gelombang pertama tiba pukul 10.30 WIB kemudian disusul gelombang kedua pada pukul 12.00 WIB. Selama materi berlangsung mereka nampak begitu menikmati sajian materi tentang kepemiluan.

Sejumlah pertanyaan kritis muncul dari mahasiswa semester dua ini. Diantaranya mereka menanyakan mengapa masih terjadi politik uang pada saat Pemilu. “Seakan-akan politik uang itu seperti budaya yang susah untuk dihilangkan, apa sih penyebabnya,” tanya salah satu mahasiswa.

Dijelaskan Mustofirin pemateri pada sesi ini, ada sejumlah faktor diantaranya adanya pemahaman skeptis dari masyarakat bahwa sosok pemimpin yang dipilih pasti tidak amanah sehingga memanfaatkan Pemilu itu sebagai momentum imbal balik untuk mentransaksikan suara dengan uang. “Sehingga Pemilu dipahami menjadi momentum yang dipilih dan yang memilih untuk bertransaksi matrial,” katannya.

Ditambahkan, kehadiran pemilih pemula sebagai pemilih rasional diharapkan dapat mengimbangi adanya pemilih pragmatis. “Pemilih rasional yang cerdas harus hadir mengkampanyekan bahwa Pemilu bukan media jual beli suara. Teman-teman mahasiswa harus hadir pada garda depan,” terangnya.

Selama di RPP para mahasiswa menikmati sajian pemutaran film pendek berkisah pemilihan calon ibu oleh anaknya. Kemudian dilanjutkan materi tentang kepemiluan dilanjutkan praktek kegiatan di tempat pemungutan suara. (rin)

Tinggalkan Balasan

KPU BOJONEGORO

Jl. K.H.R. Moch. Rosyid No. 93 Desa Pacul Kecamatan Bojonegoro

(0353) 891760

kpubojonegoro@gmail.com

Facebook KPU Bojonegoro

Kontak Kami

Click to listen highlighted text!