Selamat Datang di Website KPU Bojonegoro   Click to listen highlighted text! Selamat Datang di Website KPU Bojonegoro
Keputusan KPU Kabupaten Bojonegoro Nomor 1 Tahun 2017 tentang Tahapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bojonegoro Tahun 2018

KPU Bojonegoro Bantu Maksimalisasi Pendataan Penduduk Belum e-KTP

Bojonegoro, kab-bojonegoro.kpu.go.id. – Daftar Pemilih merupakan elemen yang sangat penting dalam penyelenggaraan Pemilihan maupun Pemilu. Baik dan buruknya daftar pemilih akan memengaruhi baik buruknya kualitas penyelenggaraan dan kualitas hasil pemilu.

Jika daftar pemilihnya tidak baik, dapat dipastikan proses dan hasil pemilu akan tidak baik. Sebaliknya dengan daftar pemilih yang berkualitas, proses dan hasil pemilu akan menjadi lebih baik.

Dalam rapat koordinasi Selasa, 16 Mei 2017 di Ruang Media Center KPU Kabupaten Bojonegoro dihadiri Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil), Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol), DPRD Kabupaten Bojonegoro, Dinas Pendidikan, Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Bojonegoro, Asosiasi Perguruan Tinggi Bojonegoro, Polres, Kodim 0813, serta Kepala Sekolah dan Guru mengurai masalah-masalah berkaitan kendala dalam menuntaskan permasalahan e-KTP.

“KPU sangat berkepentingan akurasi data penduduk berdasarkan e-KTP yang dilakukan dinas kependudukan. Mengingat data penduduk tersebut merupakan pintu masuk kami dalam melakukan pemutakhiran data pemilih,” kata Drs. H. A. Khudlori, M.Si, Divisi Perencanaan dan Data KPU Kabupaten Bojonegoro.

Disampaikan pula, selama melakukan pendataan di 23 kampus dan sekolah, KPU menemukan 1.534 mahasiswa/siswa yang belum memiliki e-KTP. “Data kami ini berharap menjadi pertimbangan Pak Suhono (Kepala Disdukcapil Bojonegoro, red),” katanya.

Sampai saat ini, KPU Kabupaten Bojonegoro terus melakukan pendataan pemilih pemilu yang belum tercatat dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) dalam Pemilu sebelumnya. Selain itu sekaligus untuk mendata mahasiswa dan siswa yang belum memiliki e-KTP.

Kepala Disdukcapil Suhono mengatakan, saat ini penduduk Bojonegoro yang masih belum memiliki e-KTP jumlahnya mencapai 35.000 dikarenakan banyak faktor diantaranya belum tersedianya blangko dari pemerintah pusat. “Namun alhamdulilah baru saja kami dapat kiriman 36.000 blangko dari Pemerintah Pusat, dan berharap bisa segera tuntas,” katanya. (arf)

Tinggalkan Balasan

KPU BOJONEGORO

Jl. K.H.R. Moch. Rosyid No. 93 Desa Pacul Kecamatan Bojonegoro

(0353) 891760

kpubojonegoro@gmail.com

Facebook KPU Bojonegoro

Kontak Kami

Click to listen highlighted text!