Selamat Datang di Website KPU Bojonegoro   Click to listen highlighted text! Selamat Datang di Website KPU Bojonegoro
Keputusan KPU Kabupaten Bojonegoro Nomor 1 Tahun 2017 tentang Tahapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bojonegoro Tahun 2018

ASN Tidak Boleh Berikan KTP Dukungan untuk Syarat Calon Persorangan

Bojonegoro, kab-bojonegoro.kpu.go.id – Aparatur Sipil Negara (ASN) atau PNS tidak boleh memberikan KTP dukungan untuk syarat calon perseorangan dalam pemilihan bupati dan wakil bupati. Sesuai peraturan, dukungan KTP yang dikumpulkan atau diperoleh dari ASN, tidak berlaku. Sebab pegawai pemerintah dilarang memberi dukungan kepada para calon perseorangan.

Hal itu tertuang dalam Pasal 97 Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 9 Tahun 2015 tentang Pencalonan Bupati dan Wakil Bupati Ayat 1 Pasal 97 itu menyebut, anggota TNI dan Kepolisian, PNS, KPU, PPK, PPS, KPPS, Bawaslu, Panwas, PPL, pegawai kesekretariatan penyelenggara pemilihan dan pengawas pemililhan dilarang memberikan dukungan kepada pasangan calon perseorangan.

Ayat 2 pasal yang sama menjelaskan, dalam hal dari hasil penelitian administrasi dan atau penelitian faktual, terbukti adanya dukungan sebagaimana dimaksud dalam ayat 1 (pasal 97), dukungan dimaksud dinyatakan tidak memenuhi syarat.

Divisi Tehnis Penyelenggaraan KPU Kabupaten Bojonegoro Fatkhur Rohman menjelaskan, ketentuan mengenai pencalonan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bojonegoro 2018, termasuk mengenai larangan PNS dan anggota TNI serta Polri memberi dukungan kepada pasangan perseorangan, sampaikan pada rapat pleno KPU Bojonegoro.

Fatkhur Rohman menambahkan, tiap calon pasangan perseorangan wajib menyerahkan syarat dukungannya dalam bentuk dokumen formulir Model B.1-KWK perseorangan, Model B.1.1-KWK perseorangan dan Model B.1.2-KWK perseorangan, berjumlah tiga rangkap. Nantinya dukungan itu akan dianalisis untuk mencari ada tidaknya dukungan ganda yang diberikan kepada pasangan calon yang berbeda. “Setelah proses tersebut selesai. Kita serahkan ke PPS untuk dilakukan verifikasi faktual,” katanya , Rabu 17/5/2017.

Apabila dalam verifikasi di lapangan nanti ditemui terdapat warga yang tidak mengakui telah memberi dukungan kepada calon pasangan perseorangan tertentu, maka warga tersebut wajib mengisi dokumen pernyataan yang telah disediakan KPU. “Kita ada formulir model B3-KWK. Warga harus mengisinya apabila merasa tidak memberi dukungan. Karena sesuai ketentuan, kalau warga tidak mau mengisi formulir itu, maka akan dianggap telah memberi dukungan. (br)

Tinggalkan Balasan

KPU BOJONEGORO

Jl. K.H.R. Moch. Rosyid No. 93 Desa Pacul Kecamatan Bojonegoro

(0353) 891760

kpubojonegoro@gmail.com

Facebook KPU Bojonegoro

Kontak Kami

Click to listen highlighted text!