Selamat Datang di Website KPU Bojonegoro   Click to listen highlighted text! Selamat Datang di Website KPU Bojonegoro
Keputusan KPU Kabupaten Bojonegoro Nomor 1 Tahun 2017 tentang Tahapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bojonegoro Tahun 2018

Komisi II DPR RI Konfirmasi Persiapan Pemilihan 2018 di Jatim

Surabaya, kab.bojonegoro.kpu.go.id – Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI melakukan konfirmasi persiapan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur serta pemilihan bupati dan wakil bupati serta walikota dan wakil wali kota se-Jatim Tahun 2018.

Konfirmasi tersebut dilakukan Komisi II DPR RI dengan mengundang sejumlah stakeholder di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Selasa 2/5/2017. Diantara yang diundang Pemerintah Provinsi Provinsi Jatim, KPU Jatim, Bawaslu Jatim, dan KPU kabupaten/kota se-Jatim. Hadir pula dalam acara tersebut Ketua Bawaslu RI  Abhan, SH. Sedangkan dari KPU Kabupaten Bojonegoro dihadiri M. Abdim Munib.

Komisi II DPR RI dipimpin oleh Ketua Komisi II Zainudin Amali, SE diikuti oleh anggota lainnya. Dalam kesempatan tersebut, Komisi II meminta kepada KPU Provinsi dan Bawaslu  Provinsi Jawa Timur untuk memaparkan persiapan penyelenggaraan pemilihan tahun 2018.

Paparan dari KPU Jatim diwakili oleh ketuanya langsung, Eko Sasmito. Dia menjelaskan bahwa KPU Jatim dan KPU Kabupaten/Kota sudah menyiapkan pelaksanaan kegiatan pemilihan serentak diantaranya meliputi pemetaan TPS, proyeksi pemilih serta anggarannya.

“Prinsipnya KPU Jatim beserta 18 KPU kabupaten/kota telah mempersiapkannya dengan baik, termasuk juga anggarannya juga telah disetujui pemerintah daerah masing-masing,” jelasnya.

Ditambahkan Eko, sapaan akrabnya, bahwa anggaran untuk membiayai kebutuhan pemilihan serentak tersebut merupakan anggaran sharing antara Pemprov Jatim dan 18 Pemkab/Pemkot. “Mengenahi mekanisme sharing pembiayaan pemilihan gubernur dan bupati/walikota serentak di Jatim sudah selesai,” tambahnya.

Sementara itu Ketua Bawaslu Jatim Sufyanto menyampaikan mengenai fokus pengawasan yang akan dilakukan oleh Bawaslu Jatim dalam pelaksanaan pemilihan serentak 2018.  Sufyanto kemudian mengklasifikasi potensi kerawanan berdasarkan wilayah di Jatim. “Di Jatim karakteristik pelanggaran pemilu di masing-masing kabupaten/kota berbeda-beda, sehingga dengan data tersebut pengawasan dapat lebih optimal bisa dilakukan,” katanya.

 Lebih lanjut Sufyanto mengatakan bahwa pada saat dimulainya tahapan, saat itu pula jabatan anggota Bawaslu Jatim berakhir.  “Periode kami ini akan berakhir pada September 2017 tepat saat tahapan pemilihan serentak dimulai,” terangnya.

Selain itu, Sufyanto berharap kepada Komisi II DPR RI agar kriminalisasi penyelenggara pemilu tidak lagi dilakukan. Hal ini penting agar para penyelenggara pemilu, baik KPU maupun Bawaslu tidak ragu dalam mengambil keputusan dan melaksanakan kegiatan dan tahapan.

Menanggapi permintaan tersebut Komisi II DPR RI mengatakan, menjamin tidak ada lagi upaya kriminalisasi terhadap penyelenggara pemilu,  dengan konsekwensi penyelenggara pemilu juga dapat bekerja secara profesional.

Tinggalkan Balasan

KPU BOJONEGORO

Jl. K.H.R. Moch. Rosyid No. 93 Desa Pacul Kecamatan Bojonegoro

(0353) 891760

kpubojonegoro@gmail.com

Facebook KPU Bojonegoro

Kontak Kami

Click to listen highlighted text!