Selamat Datang di Website KPU Bojonegoro   Click to listen highlighted text! Selamat Datang di Website KPU Bojonegoro
Keputusan KPU Kabupaten Bojonegoro Nomor 1 Tahun 2017 tentang Tahapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bojonegoro Tahun 2018

‘Kayangan Api’ Dipilih Sebagai Nama Rumah Pintar Pemilu Bojonegoro

Bakal Miliki Rumah Pintar Pemilu dan Perpustakaan Pemilu
Bakal Miliki Rumah Pintar Pemilu dan Perpustakaan Pemilu

Bojonegoro, kab-bojonegoro.kpu.go.id – Nama ‘Kayangan Api’ terpilih sebagai nama pada Rumah Pintar Pemilu (RPP) Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bojonegoro. Keputusan tersebut diambil saat pleno rutin Senin, 13/3/17 yang dihadiri lima orang komisioner, sekretaris dan empat orang Kasubbag.

Dijelaskan Mustofirin, Divisi SDM dan Partisipasi Masyaralat KPU Kabupaten Bojonegoro, dipilihnya Kayangan Api dari nama-nama lainnya tidak lepas dari filosofis yang terkandung didalamnya. Ada tiga makna mendasar bahwa keberadaan Kayangan Api tidak bisa lepas dari sumber kehidupan berupa api, air, dan udara. “Tiga hal tersebut berada di lokasi Kayangan Api yang terus menunjukkan keabadiaanya,” jelasnya.

Ditambahkan, Kayangan Api sendiri merupakan sumber api abadi yang tak kunjung padam terletak di kawasan hutan lindung di Desa Sendangharjo, Kecamatan Ngasem, Kabupaten Bojonegoro. “Keberadaanya merupakan fenomena geologi alam berupa keluarnya gas alam dari dalam bumi yang tersulut api sehingga menciptakan api yang tidak pernah padam,” tambahnya.

Dalam cerita, Kayangan Api merupakan tempat bersemayamnya Mbah Kriyo Kusumo atau Empu Supa atau lebih dikenal dengan sebutan Mbah Pandhe berasal dari Kerajaan Majapahit.
Dalam satu lokasi terdapat kubangan lumpur saat itu oleh Mbah Kriyo Kusumo digunakan sebagai proses penyepuhan alat-alat pertanian dan pusaka untuk alat perang.

Pada sisi makna, keberadaan RPP ‘Kayangan Api’ ini diilustrasikan sebagai media perjungan dalam memperjuangkan demokrasi. Jika Mbah Kriyo Kusumo menghadirkan alat pertanian dan persenjataan perang, Rumah Pintar Pemilu ‘Kayangan Api’ inilah nantinya akan menciptakan kader-kader pejuang demokrasi untuk tatanan negeri menuju gemah ripah loh jinawe.

Sebagai pejuang harus memiliki semangat beribadah yang kelak akan kita pertanggungjawabkan kepada Tuhan Yang Maha Esa. “Sebagai pejuang pula harus memiliki jiwa keberanian, keangkuhan, kebesaran, persaudaraan, pergerakan, serta pengorbanan dalam melakukan perubahan menjadi tatanan yang lebih baik,” pungkasnya. (rin)

 

Tinggalkan Balasan

KPU BOJONEGORO

Jl. K.H.R. Moch. Rosyid No. 93 Desa Pacul Kecamatan Bojonegoro

(0353) 891760

kpubojonegoro@gmail.com

Facebook KPU Bojonegoro

Kontak Kami

Click to listen highlighted text!