Selamat Datang di Website KPU Bojonegoro   Click to listen highlighted text! Selamat Datang di Website KPU Bojonegoro
Keputusan KPU Kabupaten Bojonegoro Nomor 1 Tahun 2017 tentang Tahapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bojonegoro Tahun 2018

Silaturrohim Partai Politik, PKS : Adakah Perubahan Dapil ?

WhatsApp Image 2017-02-28 at 08.21.16

Bojonegoro, kab-bojonegoro.kpu.go.id – Rangkaian kegiatan silaturrohim partai politik Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bojonegoro kali ini Rabu, 22/2/17 ke Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kabupaten Bojonegoro.

KPU Kabupaten Bojonegoro mengawali dengan menyampaikan serangkaian informasi perubahan aturan dalam kegiatan pemilihan gubernur dan wakil gubernur Jatim serta bupati dan wakil bupati Kabupaten Bojonegoro tahun 2018.

Setelah pembahasan aturan pemilihan selesai, Ketua DPD PKS Kabupaten Bojonegoro Tri Wibowo mengawali pertanyaannya dengan pembahasan Daerah Pemilihan (Dapil). “Apakah akan ada perubahan Daerah Pemilihan (Dapil) pada Pemilu DPRD tahun 2019, kabarnya kok kok berubah,” tanyanya.

Kemudian dijawab oleh Divisi Tehnis Penyelenggaraan KPU Kabupaten Bojonegoro Fatkhur Rohman, perubahan Dapil sifatnya masih menjadi bahan kajian diinternal KPU. “Memang kami dalam rapat koordinasi dengan KPU RI, pernah diminta untuk membuat kajian soal potensi perubahan Dapil,” katanya.

Ditambahkan, hingga saat ini masih belum ada perintah tertulis dari KPU RI untuk mengajukan perubahan Dapil pada Pemilu legeslatif 2019 nanti. Jika dilakukan perubahan dapil, yang menjadi pertimbangan mendasar adalah populasi penduduk dan geografis. “Saat ini dalam ketentuannya untuk satu Dapil antara 3-12 kursi. Jumlah penduduk dan geografis tersebut menjadi salah satu pertimbangan,” katanya.

KPU kabupaten/kota diminta untuk menunggu pasca keputusan undang-undang pemilu yang ini tengah menjadi pembahasan di DPR RI. Mengingat rata-rata Dapil yang ada saat ini masih keputusan Pemilu tahun 2004. “Kami diminta untuk menunggu dulu oleh KPU RI, juga diminta untuk mengkaji,” pungkasnya.

Saat ini Dapil di Kabupaten Bojonegoro terbagi menjadi Lima Dapil. Dapil I sebanyak 10 kursi persebarannya meliputi Kecamatan Bojonegoro, Dander, Kapas dan Trucuk. Dapil II sebanyak 9 kursi meliputi Kecamatan Balen, Kanor, Sukosewu, dan Sumberrejo. Sedangkan Dapil III sebanyak 11 kursi meliputi Kecamatan Baureno, Kedungadem, Kepohbaru, dan Sugihwaras.

Dapil IV sebanyak 9 kursi meliputi Kecamatan Bubulan, Gondang, Margomulyo, Ngambon, Ngraho, Sekar, Tambakrejo, dan Temayang. Kemudian Dapil V sebanyak 11 kursi meliputi Kecamatan Kalitidu, Kasiman, Kedewan, Malo, Ngasem, Padangan, Purwosari dan Gayam.

Dalam kegiatan tersebut, KPU Kabupaten Bojonegoro dipimpin M Abdim Munib dengan didampingi empat komisioner lainnya dan jajaran sekretariat. Dari pihak DPD PKS Kabupaten Bojonegoro diterima oleh Tri Wibowo. (rin)

Tinggalkan Balasan

KPU BOJONEGORO

Jl. K.H.R. Moch. Rosyid No. 93 Desa Pacul Kecamatan Bojonegoro

(0353) 891760

kpubojonegoro@gmail.com

Facebook KPU Bojonegoro

Kontak Kami

Click to listen highlighted text!