Selamat Datang di Website KPU Bojonegoro   Click to listen highlighted text! Selamat Datang di Website KPU Bojonegoro
Keputusan KPU Kabupaten Bojonegoro Nomor 1 Tahun 2017 tentang Tahapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bojonegoro Tahun 2018

Bakal Miliki Rumah Pintar Pemilu dan Perpustakaan Pemilu

20170124_110902

Bojonegoro, kab-bojonegoro.kpu.go.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bojonegoro bakal memiliki Rumah Pintar Pemilu (RPP). Keputusan tersebut diambil dalam rapat pleno runtin Senin, 23/01/2017.

Kedepannya KPU Kabupaten Bojonegoro selain membangun RPP, direncanakan secara bertahap juga akan membangun fasilitas media center serta perpustakaan pemilu.

RPP sendiri merupakan salah satu progam prioritas KPU RI dalam melakukan edukasi masyarakat tentang kepemiluan guna meningkatkan partisipasi pemilih.

Konsep RPP direncanakan berada di ruangsn ukuran 8 x 5 meter persegi dengan difasilitasi ruangan audio visual pusat pendidikan pemilih berkapasitas 25 orang. Ruangan didesain kedap suara dengan dilengkapi projector, soundsystem, pendingin ruangan, dan komputer.

RPP juga bakal dilengkapi ruang pameran atau display alat peraga pemilu berisikan tentang sejarah pemilu, pentingnya pemilu dan demokrasi, sistem pemilu, tahapan pemilu, peserta pemilu (pileg dan pilpres), proses pemilihan, profil penyelenggara pemilu, serta uji pengetahuan pemilu.

Selain itu RPP juga bakal dilengkapi maket atau diorama tata cara pemungutan suara di TPS, denah TPS, peristiwa/kejadian yang dianggap memiliki nilai/makna demokrasi untuk divisualisasikan.

Pemanfaatan RRP kedepannya, bagi masyarakat umum terutama pelajar dan mahasiswa dapat untuk kegiatan peningkatan SDM. Sebab dalam RPP sendiri bakal dilengkapi ruang diskusi, uji pengetahuan pemilu, mediasi, konsultasi, audiensi, workshop/seminar /FGD/sarasehan antar masyarakat atau pegiat pemilu/demokrasi.

”Nantinya masyarakat dapat dengan mudah memahami tentang kepemiluan dan pentingnya pemilu dalam tatanan bernegara,” kata Mustofirin Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat KPU Kabupaten Bojonegoro.

Ditambahkan Mustofirin, pembangunan RPP dijadwalkan paling lambat Maret 2017 ini harus sudah selesai sebagaimana intruksi KPU RI. “Setelah RPP selesai, kami menjadwakan akan mengundang masyarakat untuk mensosialisaikan rumah pintar pemilu sekaligus system kepemiluan,” tambahnya. (ir/rin)

Tinggalkan Balasan

KPU BOJONEGORO

Jl. K.H.R. Moch. Rosyid No. 93 Desa Pacul Kecamatan Bojonegoro

(0353) 891760

kpubojonegoro@gmail.com

Facebook KPU Bojonegoro

Kontak Kami

Click to listen highlighted text!