Selamat Datang di Website KPU Bojonegoro   Click to listen highlighted text! Selamat Datang di Website KPU Bojonegoro
Keputusan KPU Kabupaten Bojonegoro Nomor 1 Tahun 2017 tentang Tahapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bojonegoro Tahun 2018

Syarat Calon Minimal 20 Persen Kursi DPRD

img_20161206_102958_hdr

Bojonegoro, kab-bojonegoro.kpu.go.id –Terdapat sejumlah syarat yang harus bagi bakal calon yang ingin mencalonkan diri menjadi bupati dan wakil bupati Kabupaten Bojonegoro 2018.

Untuk dapat lolos pencalonan, bakal calon pasangan berasal dari partai politik (parpol), minimal harus mendapatkan dukungan 20 persen dari jumlah kursi di legislatif atau 25 persen perolehan suara sah di parlemen.

Sedangkan untuk bakal calon pasangan perseorangan, harus mendapatkan minimal 6.5 persen dari jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang digunakan pada pemilihan umum sebelumnya, atau setidaknya 67.699 dukungan. Dukungan itu harus tersebar minimal di lima belas kecamatan di Kabupaten Bojonegoro.

Divisi Tehnis Penyelengara KPU Kabupaten Bojonegoro Fatkhur Rohman mengatakan, ketentuan tehnis pencalonan diatur dalam Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 5 Tahun 2016. “calon harus juga mengisi sejumlah formulir yang sudah ditentukan oleh KPU,” terang Fatkhur Rohman, Rabu (30/11/2016).

Dijelaskan pula, bakal calon dari parpol juga wajib menyerahkan persetujuan pasangan calon dari dewan pimpinan pusat partai masing-masing. Apabila diusung oleh gabungan parpol, maka bakal calon juga wajib menyerahkan surat pernyataan kesepakatan parpol atau gabungan parpol. (br)

Tinggalkan Balasan

KPU BOJONEGORO

Jl. K.H.R. Moch. Rosyid No. 93 Desa Pacul Kecamatan Bojonegoro

(0353) 891760

kpubojonegoro@gmail.com

Facebook KPU Bojonegoro

Kontak Kami

Click to listen highlighted text!