Selamat Datang di Website KPU Bojonegoro   Click to listen highlighted text! Selamat Datang di Website KPU Bojonegoro
Keputusan KPU Kabupaten Bojonegoro Nomor 1 Tahun 2017 tentang Tahapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bojonegoro Tahun 2018

Ajak Ansor Berpartisipasi Aktif Dalam Pemilihan

logo

Bojonegoro, kab-bojonegoro.kpu.go.id, – Sebanyak 70 Kader Gerakan Pemuda Ansor Kecamatan Temayang, Kabupaten Bojonegoro, Sabtu (19/11/) antusias mengikuti diskusi kepemiluan yang diisi oleh Komisioner KPU Kabupaten Bojonegoro.

Hadir sebagai pemateri Mustofirin Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat menjelaskan sejarah runtuhnya kerajaan-kerajaan di tanah air hingga pentingnya demokrasi dan pemilihan bupati Bojonegoro dan gubernur Jatim pada tahun 2018. Acara diskusi diselenggarakan serangkaian kegiatan Pelatihan Kader Dasar (PKD) GP Ansor Temayang di Kecamatan Temayang.

Dijelaskan, Sebelum Negara Republik Indonesia terbentuk, sistem pemerintahan nenek moyang kita menggunakan sistem kerajaan. Kerajaan-kerajaan besar tersebut diantaranya meliputi; Kerajaan Majapahit, Sriwijaya, Demak, Mataram, Kutai, Tarumanegara, Wangsa Isyana atau Kahuripan.
Umumnya kerajaan-kerajaan tersebut runtuh bukan akibat invasi dari kerajaan besar lainnya, melainkan ketidakmampuan memikirkan regenerasi kepemimpinan secara terbuka. Hadirnya sistem kepemiluan di Indonesia merupakan anti tesis terhadap sistem monarki. Dimana rakyat memiliki kedaulatan dalam memilih pemimpinnya. “Ini contoh kerajaan-kerajaan besar di tanah air kita,” jelasnya.
Dalam proses demokrasi, bentuk kedaulatan rakyat dalam memilih pemimpin dapat dilakukan dengan cara pemilu. Pemilu sendiri memiliki filosofis meningkatkan kualitas keterwakilan dan perwakilan, serta membentuk pemerintahan efektif.
”Dengan kata lain, pemilu memiliki fungsi untuk membentuk sekaligus mengontrol pemerintahan agar fungsional dan efektif dalam menjalankan fungsi pengabdian kepada kepentingan rakyat,” tambahnya.
Disampaikan pula, bahwa pelaksanaan pemilihan bupati dan wakil bupati Bojonegoro serta gubernur dan wakil gubernur Jatim dilaksanakan serentak pada Bulan Juni 2018. Kader Ansor diminta untuk aktif mendorong proses demokrasi berjalan terbuka dan berkualitas. “Kader muda harus hadir dalam rangkaian pemilihan pemimpin,” tegasnya. (rin)

Tinggalkan Balasan

KPU BOJONEGORO

Jl. K.H.R. Moch. Rosyid No. 93 Desa Pacul Kecamatan Bojonegoro

(0353) 891760

kpubojonegoro@gmail.com

Facebook KPU Bojonegoro

Kontak Kami

Click to listen highlighted text!