Selamat Datang di Website KPU Bojonegoro   Click to listen highlighted text! Selamat Datang di Website KPU Bojonegoro
Keputusan KPU Kabupaten Bojonegoro Nomor 1 Tahun 2017 tentang Tahapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bojonegoro Tahun 2018

Lakukan Rasionalisasi RAB Pilkada Bojonegoro 2018

img_4166

Bojonegoro, kpud-bojonegorokab.go.id – Meski Rencana Anggaran dan Belanja (RAB) Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Bojonegoro tahun 2018 sudah diajukan kepada Pemerintah Kabupaten Bojonegoro, namun Komisi Pemiliham Umum (KPU) Kabupaten Bojonegoro terus melakukan kajian dan pencermatan terhadap anggaran tersebut. Pencermatan tersebut bertujuan untuk memperoleh rasionalisasi harga satuan yang meliputi harga satuan barang, belanja honor maupun belanja jasa.

Untuk rasionalisasi harga satuan barang dan belanja jasa landasan acuannya adalah Standart Biaya dan Masukan (SBM ) Tahun 2017 dan Peraturan Bupati Bojonegoro tahun 2016. Sedangkan harga satuan yang tidak diatur dalam SBM maupun Peraturan Bupati, yang dilakukan KPU Bojonegoro adalah menyesuaikan standart harga umum saat ini. Kemudian mengenahi belanja honor berpedoman pada Surat Menteri Keuangan RI Nomor 118 tahun 2016 tentang standart honorarium penyelenggara pemilihan Ad-Hoc (PPK, PPS, KPPS, dan Linmas).

Upaya pencermatan tersebut dilakukan setelah mendapat intruksi dari KPU Provinsi Jatim dalam rapat koordinasi penyelenggaraan pemilihan gubernur dan wakil gubernur, bupati dan wakil bupati, serta walikota dan wakil wakil walikota yang diselenggarakan oleh KPU Provinsi bersama KPU Kabupaten/Kota se-Jatim 26 September 2016 di Aula Kantor KPU Provinsi Jawa Timur lalu.

“Disampaikan oleh Ibu Sisin (Panggilan Dewita Hayu Sinta, anggota KPU Provinsi Jatim, red) kepada semua KPU kabupaten-kota se-Jatim supaya benar-benar melakukan efisiensi terhadap anggaran Pilkada. Dan yang diajukan kepada pemerintah kabupaten setempat harus benar-benar rasional sesuai dengan kebutuhan dan peruntukannya, mengingat KPU adalah pelaksana anggaran yang bersumber dari dana hibah pemerintah daerah,” kata Supardi Divisi Umum, Perencanaan dan Logistik, Rabu 18/9/16.

Atas perintah tersebut, KPU Kabupaten Bojonegoro kemudian melakukan pencermatan RAB Pilkada Bojonegoro 2018 yang dimulai sejak Selasa 27/9/16 lalu. Dalam pencermatan kali ini KPU Kabupaten Bojonegoro membahas detail setiap item kegiatan. “ Dengan harapan dana hibah yang diamanahkan kepada KPU Bojonegoro bisa dipertanggungjawabkan penggunaannya dengan baik,” pungkasnya. (par)

KPU BOJONEGORO

Jl. K.H.R. Moch. Rosyid No. 93 Desa Pacul Kecamatan Bojonegoro

(0353) 891760

kpubojonegoro@gmail.com

Facebook KPU Bojonegoro

Kontak Kami

Click to listen highlighted text!