Selamat Datang di Website KPU Bojonegoro   Click to listen highlighted text! Selamat Datang di Website KPU Bojonegoro
Keputusan KPU Kabupaten Bojonegoro Nomor 1 Tahun 2017 tentang Tahapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bojonegoro Tahun 2018

Spirit Keterbukaan KPU RI Menginspirasi Kabupaten/Kota

kip

Bojonegoro, kpud-bojonegorokab.go.id – Keterbukaan Informasi Publik (KIP) sudah menjadi menu wajib yang harus dilakukan bagi Badan Publik. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bojonegoro terintegral dengan KPU RI termasuk Badan Publik yang memiliki kewajiban dalam membuka akses informasi dan data kepada publik.

Badan Publik sendiri merupakan lembaga penyelenggara Negara meliputi eksekutif, legislatif, yudikatif, dan badan lain yang fungsi dan tugas pokoknya berkaitan dengan penyelenggaraan negara, yang sebagian atau seluruh dananya bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dan/atau Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD). Selain itu organisasi nonpemerintah sepanjang sebagian atau seluruh dananya bersumber dari APBN dan/atau APBD, sumbangan masyarakat, dan/atau luar negeri juga termasuk Badan Publik.

Tuntutan keterbukaan tersebut diatur dalam Undang-undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik. KPU RI hingga kini telah mengeluarkan Peraturan KPU Nomor 1 Tahun 2015 tentang keterbukaan informasi publik di lingkungan KPU dengan beberapa surat keputusannya untuk mendukung keterbukaan informasi publik itu.

Dengan adanya UU KIP, PKPU dan surat keputusan lainnya, Ketua KPU Kabupaten Bojonegoro, M. Abdim Munip merasa lebih senang, mengingat ada dasar yang pasti dalam memberikan layanan kepada masyarakat. “Dasar kita dalam menentukan kategori data publik dan yang dikecualikan sekarang sangat jelas, sehingga ini sangat membantu kami,” katanya Selasa, 27/9/16.
Ditambahkan Divisi Sumber Daya Masyarakat (SDM) dan Partispasi Masyarakat Mustofirin, sejak KPU RI mendapat peringkat II sebagai Lembaga Non Struktural yang berkomitmen memberikan akses informasi kepada masyarakat luas ini. Peringkat I diperoleh oleh Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) dan peringkat III Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Penyerahan penghargaan dilakukan langsung oleh Presiden RI Joko Widodo di Istana Negara, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta ahir tahun 2015 lalu. “Ini menjadi spirit kami untuk lebih baik dalam melayani masyarakat. (br/rin)

 

KPU BOJONEGORO

Jl. K.H.R. Moch. Rosyid No. 93 Desa Pacul Kecamatan Bojonegoro

(0353) 891760

kpubojonegoro@gmail.com

Facebook KPU Bojonegoro

Kontak Kami

Click to listen highlighted text!