Selamat Datang di Website KPU Bojonegoro   Click to listen highlighted text! Selamat Datang di Website KPU Bojonegoro
Keputusan KPU Kabupaten Bojonegoro Nomor 1 Tahun 2017 tentang Tahapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bojonegoro Tahun 2018

KPU Bojonegoro Fokus Penguatan Kelembagaan

IMG20160811112532

Bojonegoro, kpud-bojonegorokab.go.id. Kelembagaan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bojonegoro terus berbenah. Baik yang bersifat pengutan Sumber Daya Manusia (SDM) maupun penataan arsip manual maupun digital. Perubahan pola kerja ini tak lepas semangat yang dibangun KPU RI beserta KPU provinsi maupun kabupaten kota menuju kelembagaan modern.

Berkaitan progam penataan kinerja, KPU Kabupaten Bojonegoro hampir dapat dipastikan setiap hari ada agenda rapat, baik diinternal komisioner sendiri maupun yang melibatkan sekretaris, jajaran kasubbag dan staf. Demikian juga setiap pagi saat kegiatan apel selalu ada arahan dari sekretaris mengenahi rencana tugas yang harus diselesaikan dalam setiap harinya.

Disela-sela rapat dan kegiatan rutin, komisioner dan sekretariat menyempatkan untuk mengadakan diskusi peningkatan SDM yang dilaksanakan dalam setiap minggu sekali. Sedangkan thema diskusi menyesuaikan kebutuhan kelembagaan. “Selain diskusi rutin, setiap bulan sekali juga ada kegiatan membaca surat yasin dilakukan secara bersama-sama,” kata Mustofirin, Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat KPU Kabupaten Bojonegoro, Kamis, 22/9/16.

Selain yang menyangkut SDM, KPU Kabupaten Bojonegoro juga tengah menata arsip kelembagaan. Arsip sendiri terbagi menjadi dua jenis, arsip manual dan digital. Penataan arsip digital dilakukan tak lepas karena tuntutan era modern. Sehingga dokumen-dokumen yang masih belum digital, satu persatu diinput atau scan untuk dijadikan digital. “Data tersebut akan disajikan dalam website KPU Bojonegoro untuk disajikan kepada publik,” tambah Firin panggilan akrabnya.

Dokumen-dokumen hasil pemilu sejak tahun 2004 semaksimalmungkin akan terus dirubah dalam belum digital. Upaya ini dilakukan untuk mengantisipasi usia kearsipan yang sudah diatur dalam undang-undang kearsipan maupun kekuatan daya tahan dokumen dalam bentuk kertas. “Kertas kalau terus disimpan lambat laun akan mengalami kerusakan, untuk mengantispasi itu semua akan disimpan juga dalam bentuk digital,” jelasnya. (br/rin)

KPU BOJONEGORO

Jl. K.H.R. Moch. Rosyid No. 93 Desa Pacul Kecamatan Bojonegoro

(0353) 891760

kpubojonegoro@gmail.com

Facebook KPU Bojonegoro

Kontak Kami

Click to listen highlighted text!