Selamat Datang di Website KPU Bojonegoro   Click to listen highlighted text! Selamat Datang di Website KPU Bojonegoro
Keputusan KPU Kabupaten Bojonegoro Nomor 1 Tahun 2017 tentang Tahapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bojonegoro Tahun 2018

Konsultasi Persyaratan Calon Perseorangan Meningkat

img_5251

Bojonegoro, kpud-bojonegorokab.go.id/. Banyaknya warga yang melakukan konsultasi tentang persyaratan calon perseorangan menjadi catatan tersendiri bagi Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bojonegoro. Rabu, 14 September 2016 secara khusus para komisioner meluangkan waktu membahasnya dalam diskusi di Ruang Ketua KPU Bojonegoro.

Dalam diskusi tersebut diantaranya mengarah  mengatisipasi besaran anggaran untuk memfasilitasi pasangan calon. Selain itu, dalam diskusi tersebut juga membahas tata cara KPU dalam melayani parapihak yang meminta penjelasan seputar pencalonan perseorangan. “Issue tentang calon perseorangan atau istilah dulunya independen, ahir-ahir ini sedang hangat dibicara beberapa pihak,” Ketua KPU Bojonegoro M. Abdim Munib seusai diskusi yang lengkap diikuti semua komisioner tersebut.

Ditanya tentang siapa saja yang pernah datang langsung ke Kantor KPU Kabupaten Bojonegoro di Jl. KH. Moh. Rosyid No. 93 Bojonegoro atau via telefon, Abdim Munib mengatakan bahwa sudah banyak para tokoh yang menanyakan terkait persyaratan calon perseorangan. “iya, memang sudah banyak yang bertanya, minggu ini saja kisaran tujuh orang yang tanya,” tambahnya.

Lebih lanjut Munib menjelaskan bahwa KPU Bojonegoro telah menyampaikan kepada pihak yang menanyakan persyaratan untuk dapat maju dalam pemilihan bupati harus memenuhi persyaratan sesuai dengan UU No. 10 Tahun 2016 tentang Perubahan Kedua atas UU No. 1 Tahun 2015 tentang Penetapan Perppu No. 1 Tahun 2014 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Walikota menjadi Undang Undang.

Ditambahakan, secara teknis dan rigid, ketentuan tentang persyaratan calon Bupati dan Wakil Bupati diatur oleh Peraturan KPU, yaitu Peraturan KPU No. 5 Tahun 2016 tentang Perubahan Kedua Atas Peraturan KPU No. 9 Tahun 2015 tentang Pencalonan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Walikota dan Wakil Walikota. “Setiap orang yang akan mencalonkan baik dari jalur partai politik maupun dari jalur perseorangan wajib memenuhi ketentuan di atas, termasuk penggunaan formulir-formulirnya,” pungkasnya. (nif/rin)

KPU BOJONEGORO

Jl. K.H.R. Moch. Rosyid No. 93 Desa Pacul Kecamatan Bojonegoro

(0353) 891760

kpubojonegoro@gmail.com

Facebook KPU Bojonegoro

Kontak Kami

Click to listen highlighted text!