Selamat Datang di Website KPU Bojonegoro   Click to listen highlighted text! Selamat Datang di Website KPU Bojonegoro
Keputusan KPU Kabupaten Bojonegoro Nomor 1 Tahun 2017 tentang Tahapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bojonegoro Tahun 2018

Minta Tambah Anggaran Sharing Pilbup-Pilgub

kesbang

Bojonegoro, kpud-bojonegorokab.go.id. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro berencana meminta kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jatim untuk memberikan tambahan besaran dana sharing pemilihan bupati dan wakil bupati Kabupaten Bojonegoro dan pemilihan gubernur dan wakil gubernur Jatim 2018. Item yang diminta disetujui Pemprov Jatim adalah honor Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) dan Perlindungan Masyarakat (Linmas).
Dari dua jenis item itu sebesar Rp 9,881miliar atau 16,8 persen dari tatal anggaran pemilihan yang diajukan KPU Kabupaten Bojonegoro Rp 58 miliar. Jika dua item tersebut ditambahkan dengan item yang tertuang dalam surat tawaran gubernur, maka pemprov Jatim akan menanggung 23,41 persen.
Penegasan itu disampaikan Nanang Eko Winarto, Kabid Hubungan antar Lembaga Badan Kesatuan, Politik, dan Perlindungan Masyarakat (Bakesbangpolinmas) Kabupaten Bojonegoro saat melakukan koordinasi dengan KPU Kabupaten Bojonegoro Jumat (19/8/16), menyampaikan alasan permintaan tambahan alokasi dana sharing dari Pemprov Jatim. “Kalau kabupaten yang tidak pemilihan bupati kan pelaksaan pemilihan gubernur sepenuhnya dibiayai provinsi. Supaya adil, provinsi setidaknya menanggung biaya setidaknya 25-30 persen,” katanya.
Permintaan itu sehungan dengan tawaran surat Gubernur Jatim 25 Mei 2016 Nomor 131/9077/011/2016 peri hal penganggaran Pilgub 2018 bersamaan dengan Pilbup/Pilwali di 18 Kabupaten/kota di Jawa Timur meliputi, beban yang ditanggung Gubernur Jatim adalah Honorarium PPDP, Biaya kebutuhan logistik TPS, Pengepakan dan setting logistik, Pendirin dan perlengkapan TPS, dan Penggandaan DPT untuk saksi pasangan calon gubernur. “Kami usul provinsi menanggung juga honor KPPS dan Linmas,” katanya.
Sementara itu Supardi Divisi Umum, Keuangan dan Logistik yang ikut dalam rapat koordinasi menyampaikan harapannya agar pembahasan anggaran sharing cepat selesai supaya tidak mengganggu kegiatan pembahasan APBD tahun 2017 yang didalamnya termasuk membahas anggaran pemilihan bupati dan wakil bupati serta pemilihan gubernur dan wakil gubernur Jatim. “Kami mengapresiasi kepada pemkab jalan cepat soal dana sharing ini,” katanya. (rin/par)

KPU BOJONEGORO

Jl. K.H.R. Moch. Rosyid No. 93 Desa Pacul Kecamatan Bojonegoro

(0353) 891760

kpubojonegoro@gmail.com

Facebook KPU Bojonegoro

Kontak Kami

Click to listen highlighted text!