Selamat Datang di Website KPU Bojonegoro   Click to listen highlighted text! Selamat Datang di Website KPU Bojonegoro
Keputusan KPU Kabupaten Bojonegoro Nomor 1 Tahun 2017 tentang Tahapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bojonegoro Tahun 2018

Terkait Sharing Dana Pilkada, KPU Jatim Undang KPU Kabupaten/Kota

kap

KPUBojonegoro. Belum jelasnya sikap resmi mayoritas Bupati/Walikota di jawa timur terkait sharing dana pilkada, jumat tanggal 29 Juli 2016, KPU Jawa Timur mengundang  18 KPU Kabupaten/Kota yang menyelenggarakan pilkada di tahun 2018. Acara yang digelar di aula kantor KPU Jatim tersebut dihadiri oleh Ketua KPU Jatim, para Komisioner dan Sekretaris KPU Jatim, serta perwakilan dari 18 KPU Kabupaten/Kota (Ketua, Komisioner bidang Keuangan dan Logistik dan Sekretaris) .
Dalam sambutannya Ketua KPU Jatim Eko Sasmito, SH., MH mengatakan bahwa dari 18 Kabupaten/Kota, baru ada 2 Bupati/Walikota yang menyatakan sikap resmi terkait sharing dana pilkada kepada gubernur, selebihnya yaitu 16 kabupaten/kota belum menyatakan sikap resminya. “Untuk itulah rapat ini dilaksanakan untuk mendengar hasil koordinasi kawan-kawan KPU Kabupaten/Kota dengan Pemerintah Daerah” tambahnya. selain itu, rapat ini juga ingin membahas dan melakukan evaluasi beberapa regulasi KPU.
Setelah Ketua KPU Jatim memberikan sambutan dan membuka acara, divisi keuangan dan logistik KPU Jatim Dewita Hayu Shinta, SP., M.Si yang memandu jalannya rapat langsung meminta kepada 18 KPU Kabupaten/Kota secara bergiliran melaporkan progress koordinasi dengan pemerintah setempat tentang sharing dana pilkada dan total anggaran pilkada yang diajukan.
Ketua KPU Kabupaten Bojonegoro M. Abdim Munif didampingi Supardi (Komisioner) dan Pinardi (Kasubbag Program dan Data) dalam kesempatan tersebut melaporkan bahwa, pihaknya telah mengajukan anggaran pilkada kepada Bupati sebesar Rp. 58.861.994.975,-. Sedangkan terkait dengan sharing dana pilkada, Pemkab Bojonegoro rencananya Senin, 1 Agustus 2016 akan menyampaikan penawaran kepada Gubernur Jawa Timur dari total anggaran yang diajukan oleh KPU Bojonegoro sebesar Rp. 58.861.994.975 tersebut dibagi menjadi 2, dengan rincian 70%  ditanggung oleh APBD Kabupaten dan sisanya sejumlah 30% dibebankan pada APBD Provinsi.
Ketika ditanya pimpinan rapat soal dana cadangan, Munif sapaan sehari-harinya menjelaskan bahwa belum ada anggaran yang dicadangkan oleh Pemkab Bojonegoro untuk pelaksanaan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bojonegoro tahun 2018. Namun demikian, pada prinsipnya anggaran pilkada tersebut telah dikoordinasikan dengan Pemkab.
Di akhir acara tersebut, KPU Jatim berpesan semua peserta rapat untuk meningkatkan kinerja dan koordinasi dengan multipihak khususnya kepada Bupati/Walikota untuk segera mensikapi secara resmi Surat Gubernur Jawa Timur tentang penganggaran dana Pilkada. (nif)

KPU BOJONEGORO

Jl. K.H.R. Moch. Rosyid No. 93 Desa Pacul Kecamatan Bojonegoro

(0353) 891760

kpubojonegoro@gmail.com

Facebook KPU Bojonegoro

Kontak Kami

Click to listen highlighted text!